Saturday, November 2, 2019

Perayaan Hari Bloger Nasional 2019 di Rooftop Balikpapan Hotel Platinum

Tau tidak kalau tanggal 27 Oktober adalah hari bloger nasional? Tahun ini sudah yang ke 12 lho! Jadi hari bloger nasional ini pertama kali dirayakan pada tahun 2007, memang tahun 2000an sedang ngetop-ngetopnya Blog, saat itu belum ada Sosial Media. Baru di pertengahan 2000an muncul  Friendster (aku lupa tahunnya). Tapi social media ini tidak mensupport blog seperti “catatan” di Facebook, dan tidak ada cuitan-cuitan yang seleluasa tweeter. Jadi ya kurang ngetop. Dan para tukang “ngoceh” dan curhat mencurahkan isi otak dan hatinya ke media online saat itu yaitu Blog.

Pada masa itu memang sedang terjadi perubahan dalam konsep privasi. Dulu orang lebih suka menyimpan keluh kesahnya, harapan-harapannya, perasaan-perasaannya, dan apa pun yang ada dalam pikirannya. Beberapa orang menuliskannya dalam buku harian, yang dia simpan rapat-rapat, bahkan dikunci agar orang lain tidak bisa membacanya. Bisa malu atau marah besar jika ada orang lain yang membaca buku hariannya. Lalu tiba-tiba orang lebih suka mengumumkannya ke dunia, melalui blog, dan sekarang banyak beralih social media.

Tahun-tahun itu aku juga punya Blog, tapi ya itu … terlupakan …… Demikian juga blog-blog ku berikutnya, banyak yang terlupakan atau minimal sering ditinggal pergi seperti yang ini. Iya yang ini. Makanya aku agak malu-malu waktu diajak masuk group WA Blogger Balikpapan, apalagi diajak gathering. Merasa tidak layak gitu.

Makanya waktu di group ada pembicaraan gathering untuk merayakan hari bloger nasional, aku tidak terlalu menyimak. Tapi begitu Mas Bambang kasih clue kalau lokasi gatering ada di rooftop … cerita jadi lain. Langsung menyimak terus perkembangannya. Dan begitu tau yang dimaksud rooftop itu ada di Hotel Platinum, Fix aku ikut. Berharap dapat sun set yang indah dari tempat paling tinggi di ujung kota Balikpapan.

Singkat cerita hari minggu jam 1 siang aku mulai siap-siap. Sempat kesal karena ternyata gimbal stabilizer ku tidak ada, mungkin ku tinggal di kantor. Tapi ga papa lah, ada hp yang kameranya sudah ada stabilizernya. Batre HP, Kamera, dan Power Bank sudah terisi semua, saatnya pesan ojol untuk ke lokasi tujuan.

Sampai di tujuan ternyata sudah banyak anggotayang datang, kebanyakan emak-emak. Mereka sibuk betul bikin foto dan video untuk insta story dan mungkin juga untuk vlog. Aku lebih memilih duduk menunggu bersama Rani, bloger yang suka bawa boneka kucing ke mana-mana.

Penyambutan dari pihak hotel sangat ramah dan bersahabat, kami segera diarahkan menuju ke lantai 11, level tertinggi di Hotel ini, di president sweet. Beneran President lho, karena saat President Jokowi ke Balikpapan, beliau menginap di sana. Kami tidak langsung ke Roof top, masih terlalu panas.


Keren kan pemandangannya? Ini ceritanya tukang foto minta di foto

Salah satu kamar di sana dicustom menjadi ruang mushola tempat kami sholat ashar dan maghrib nantinya. Usai sholat Ashar Acara pertama dimulai dengan Hotel Tour. Cerita tentang hotelnya nanti aja ya, di blog berikutnya. Aku mau cerita acara Hari Bloger Nasional dulu. Tapi kalua sudah tidak sabar kalian bisa kunjungi ke situsnya di http://www.platinumhotelindonesia.com/

Selesai Hotel Tour kami kembali ke lantai 11. Ternyata tamu Undangan sudah hadir, beliau adalah ibu ketua Dekranasda Kota Balikpapan ibu Arita Rizal Effendy. Dari Namanya tau kan kalua beliau adalah istri dari Bapak Rizal Effendi walikota Balikpapan. Ada juga bapak Sutadi Sanyoto Kepala Diskominfo Kota Balikpapan.

Acara di mulai setelah sholat maghrib, saat rooftop sudah cukup nyaman dan pemandangan indah sekali. Memang sih tidak ada sunset yang indah apalagi senja memerah yang kami harapkan, tapi cuaca yang cerah tetap memberikan keindahan tersendiri. Keindahan yang membuat insting photographer ku terusik untuk memanfaatkan teman Bloger ku sebagai model dadakan.

Mbak Olivwijaya, Beauty Blogger Balikpapan yang kujadikan model di Rooftop Balikpapan


Lalu acara pun di mulai. Tidak perlu aku tulis urutannya ya, yang jelas ada sambutan dari Mas Bambang selaku ketua Blogger Balikpapan. Lalu sambutan dari tuan rumah dalam hal ini diwakili oleh Asisten Director of sales Platinum Balikpapan Hotel selaku tuan rumah.

Ibu Arita Rizal Effendy dalam sambutannya menyampaikan banyak hal tentang industry kreatif di Balikpapan. Beliau sangat menyayangkan di kancah International Kota Balikpapan tidak cukup dikenal sehingga kerajinan yang beliau promosikan sering kali disebut sebagai “Borneo” bukan “Balikpapan” padahal Balikpapan pernah menjadi kota yang paling dicintai di dunia dan sekarang menjadi salah satu kota yang paling layak huni.

Bapak Sunyoto selaku Kepala Diskominfo juga menyampaikan banyak hal tentang industry kreatif berbasis informasi di Balikpapan. Termasuk harapan-harapan atas Blogger Balikpapan. Ternyata banyak keunggulan dan keunikan yang belum di eksplor dan dimunculkan ke dunia maya.

Dan sampailah pada acara utamanya yaitu Foto bareng  Setidaknya itu acara utama menurut MC nya, tapi bagi kita ada acara utama lain: Diner. Enak lho makanannya, apa lagi itu kan gratisan. 😉 Pingin kapan-kapan kesana lagi buat makan dan foto-foto.

Anggota Blogger Balikpapan foto bersama dengan Tamu Undangan


Saat makan malam pun kami masih asyik sharing tentang dunia informasi terutama bloger. Bagaimana bloger bisa menpromosikan potensi Balikpapan, dan membangun brand dari kota Balikpapan. Seperti Jogja yang bisa membranding dirinya dengan “Istimewa” seharusnya Balikpapan juga bisa.

Dan acara pun ditutup dengan pembagian doorprice dan teknikal meeting lomba Instagram dan blog. Maunya sih berlama-lama sedikit di situ, soalnya tempatnya indah banget, dan romantic. Tapi apa artinya tempat yang romantic bagi jomblo akud macam aku … eh kok curhat….

nih cakep kan Rooftop Balikpapan?


Bagi yang ingin gabung atau sekedar ingin tau kegiatan blogger Balikpapan, silahkan kunjungi http://www.bblogger.web.id/ Bagi Bloger Balikpapan yang belum gabung, gabung yuk! Biar tidak ketinggalan acara-acaranya, pelatihan-pelatihannya dan kegiatan-kegiatan seru lainnya. Sampai ketemu di sana !!!
 

2 comments:

  1. Keren mas...jadi pengen ke rooftop platinum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya emang keren, apalagi dikasih pelindung berupa pagar kaca sehingga tidak terlalu banyak angin.

      Delete

Jalan-jalan Naik Bus City Tour Balikpapan

Hari Sabtu pagi, 22 Februari 2020 menjadi hari yang istimewa buat Blogger Balikpapan. Soalnya hari ini kita diberi kesempatan untuk ...