Friday, January 2, 2015

Kemampuan Mengatur Mimpi

     Seringkali, ketika kita memiliki kemampuan yang secara alami memiliki kemampuan tertentu sejak kecil, kita pasti mengira semua orang punya kemampuan seperti itu. Padahal sebenarnya tidak semua orang, bahkan boleh dibilang tidak banyak orang memiliki itu. Hingga bagi orang lain itu tidak mungkin, sampai dikatain: ada-ada saja, mengarang cerita, bohong, dan masih banyak lagi. Padahal bagi kita itu nyata.

      Mimpi adalah bunga tidur, kata semua orang awam. Mimpi-mimpi memiliki arti, kata orang yang percaya pada firasat. Bahkan saya pernah menemukan buku yang berisi art-arti mimpi. Saya dan ratusan juta rakyat Indonesia yang dijejali dengan logika di bangku sekolah tentu tidak percaya pada buku-buku semacam itu.

     Tapi masalahnya bagi saya bukan hanya karena saya diajari untuk tidak mempercayai hal-hal yang tidak logis, Tapi saya juga bisa mengatur mimpi saya. Tidak selalu sih, tapi kemampuan itu ada. Bukan mimpi siang bolong alias melamun, tapi mimpi saat tidur.

(dream catcher, dari deviant art)

     Saya pikir semua orang bisa begitu, asal mau belajar. Dan saya tidak pernah menceritakan itu kepada siapa pun. Sampai suatu saat, ada teman cerita tentang kemampuan itu, hingga saya menjadi heran,"bukannya semua orang bisa melakukan itu?"

      "engga mas, memangnya mas bisa?"

     "Bisa, sejak kecil saya bisa gitu. Dan kalo saya tidak bisa mengubahnya saya bisa memutuskan untuk bangun. Memang tidak selalu begitu" 

      Baru aku tahu bahwa tidak semua orang punya kemampuan seperti itu. Kalo diingat-ingat, itu berawal ketika saya masih kecil, saya sering mimpi buruk, bahkan sudah bangun pun masih ketakutan. Lalu bapak ibuku selalu bilang,"Itu cuma mimpi"

     Kemudian ketika saya mimpi buruk, saya sering berkata dalam mimpi ku, "ah ini kan cuma mimpi." dan mimpi ku pun hilang, berganti mimpi lain. Lalu saya mulai berkata dalam mimpi,"mimpinya jelek, ganti saja" Seperti ganti chanel tv, padahal waktu kecil belum ada istilah ganti chanel tv, lha tv nya cuma ada tvri. Dan lama kelamaan saya bisa mengubah karakter dalam mimpi saya, mengubah jalan cerita. Dan memutuskan bangun jika saya tidak bisa mengubah apa pun dalam mimpi saya.

        Tapi akhirnya saya ikuti saja mimpi-mimpi saya. Ga seru lagi kalo mimpi diatur-atur.

     Saya tahu, pasti akan ada yang bilang tulisan ini fictive belaka, karangan. Bahkan ada yang menertawakannya. Tapi jika ada yang memiliki kemampuan ini, atau minimal tahu tentang kemampuan ini, please comment.

     

11 comments:

  1. akhirnya ada juga orang yg punya kemampuan seperti saya :D
    tapi akhir ini saya mulai kesulitan mengatur mimpi, itu kenapa yah?

    ReplyDelete
  2. akhirnya ada juga orang yg punya kemampuan seperti saya :D
    tapi akhir ini saya mulai kesulitan mengatur mimpi, itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga mulai kesulitan dan bahkan melupakannya. kemarin malam aku mulai bisa mengatur mimpi ku, tapi seperti ada perlawanan gitu, dan hasilnya aku malah terbangun. Apa faktor usia berpengaruh ya?

      Delete
  3. Aku jg sering kalo sebelum tidur,aku mikir mau mimpi apa dan setelah aku tidur ya mimpi itu...
    Jika mimpinya seram aku bisa bayangin apapun yg indah dan terjadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga begitu, sebelum tidur bayangin pengen mimpiin apa dan waktu tidur beneran kejadian. Dan kalau lagi ga kepikiran dan mimpi buruk dalam mimpi cuma bilang, mimpi yg lain dong males sama mimpi yg ini, ga seru hehe dan otomatis ganti mimpi kaya ganti chanel tv beneran. Ya ampun aku kira aku aneh ternyata banyak yg begini ya.

      Delete
  4. Jika aku sedang bermimpi,aku selalu mengingatnya di otakku kalau aku sedang bermimpi dan aku bisa melakukan apa pun yg ku mau... Dan terjadilah apa yg ku inginkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bersambung ga? Misalnya aku ingin lanjutin mimpi ku yang kemarin ... indah eh

      Delete
    2. Kalau Udah mimpi kemarin Ga tau Ada yang visa engga. Tapi kalau mimpinya baru aja , kadang langsung dibawa tidur lagi bisa.

      Delete
  5. Aku juga. Apa ya istilah nya untuk kemampuan itu. Pernah baca tapi lupa.

    ReplyDelete
  6. ternyata gk sendiri...kirain cuma aku aja

    ReplyDelete
  7. Iya mimpiku bisa bersambung, bahkan pernah 3 hari berturut2 aku pengen mimpi yg itu2 aja dan ceritanya kaya film yg ada episodenya. Kerennn

    ReplyDelete

Jalan-jalan Naik Bus City Tour Balikpapan

Hari Sabtu pagi, 22 Februari 2020 menjadi hari yang istimewa buat Blogger Balikpapan. Soalnya hari ini kita diberi kesempatan untuk ...