Wednesday, December 31, 2014

Werewolves, A Mind Game

Werewolf A Mind Game  adalah sebuah permainan sederhana untuk sebuah grup beranggotakan 7 orang atau lebih. Jumlah pemain ganjil lebih memudahkan, misalnya 9 atau 11. Tidak perlu banyak peralatan untuk permainan ini, hanya perlu selembar kertas dan pena/pensil untuk mencatat, dan kartu permainan (berisi peran yang harus dijalankan pemain) untuk dibagikan. Versi awalnya diberinama "Mafia" karena karakter/peran dari permainan diambil dari cerita mafia.

Permainan ini cocok untuk berlatih diskusi, mengutarakan pendapat, dan berperan serta dalam.mengambil keputusan penting. Peserta juga akan belajar untuk mengatasi intrik yang ada di dalam suatu team dan mempelajari situasi dalam kelompok. Setidaknya itu yang saya simpulkan dari manfaat permainan ini.

Untuk memainkannya, peserta duduk melingkar dan mengikuti perintah yang diberikan oleh moderator. Ada 2 sesi dalam permainjan ini, yaitu sesi siang dan sesi malam. Pada sesi malam semua pemain harus menutup mata, hanya pemain yang perannya dipanggil oleh moderator yang boleh membuka mata dan menjalankan tugasnya.

Aturan Main
Ada banyak versi dari permainan ini, Saya hanya akan menyampaikan aturan main yang saya ikuti pada malam tahun baru semalam.

a. Memilih Peran
Moderator membagikan satu kartu peran kepada setiap pemain. Setiap pemain harus menyimpan baik-baik kartu tersebut agar identitas perannya tidak diketahui pemain lain. Kartu peran tersebut terbagi atas:
1. werewolf, jumlahnya 2-3 orang tergantung jumlah peserta.
2. Spy
3. Doctor
4. Bartender
5. Silencer / spell caster 
6. Villager


(kk.org/cooltools/archives/7883)

Tugas Werewolf adalah membunuh seluruh vilager termasuk spy, doctor, bartender, silencer.
Tugas pemain lain adalah mencari tahu dan menghukum mati para werewolf.

b. Memulai Permainan
Permainan dimulai dengan narasi dari moderator, misalnya: Di sebuah desa yang indah dan permai, kedamaian desa tiba-tiba terusik oleh kehadiran manusia serigala atau werewolf yang membunuh korbannya setiap malam. Maka penduduk desa pun berusaha mencari siapa kah manusia serigala tersebut. Kemudian Malam Hari pun tiba.
Malam 1, Moderator mengumumkan hari sudah malam dan semua pemain menutup mata. Moderator memanggil satu persatu peran yang ada. Werewolf, Spy, Doctor, Bartender untuk mencatat siapa yang memegang peran tersebut. Setelah pemeran dicatat, pemeran tersebut harus menutup mata kembali agar tidak mengetahui identitas pemain lain.
Siang 1. Moderator mengumumkan bahwa matahari sudah terbit, semua pemain membuka kembali matanya. Tugas pertama parape main adalah menentukan siapa yang akan menjadi Major. Tugas Major adalah memimpin diskusi untuk mencari tahu siapa yang mereka curigai sebagai manusia serigala. Pada saat voting, Major melakukan voting terakhir dan nilai voting nya 2.

c. Malam dan Siang Berikutnya
Malam. Moderator mengumumkan hari sudah malam dan semua pemain menutup mata.
1. Moderator memanggil manusia serigala untuk menentukan siapa yang akan mereka bunuh malam ini. Setelah pemain yang dibunuh sudah ditentukan, para manusia serigala menutup kembali matanya.
2. Moderator memanggil doctor untuk memberitahu siapa yang dibunuh, dan memberi kesempatan untuk menyembuhkannya atau memilih untuk membiarkannya mati. Dalam satu permainan doctor hanya memiliki sesempatan 2 kali menyembuhkan. setelah itu doctor harus menutup kembali matanya.
3. Moderator memanggil Bartender untuk menentukan siapa yang akan dia buat mabuk malam itu. Pemain yang dia buat mabuk akan kehilangan  kemampuannya. misalnya jika ternyata doctor yang dia buat mabuk, maka jika doctor tersebut menyembuhkan orang maka dia kehilangan satu kesempatan dan orang tersebut tetap mati. Apabila yang dia buat mabuk adalah werewolf maka orang yang yang dia bunuh tidak mati (gagal membunuh). Setelah memilih siapa yang dia buat mabuk, Bartender kembali menutup matanya.
4. Mederator memanggil Spy untuk menebak siapa yang menjadi werewolf. Moderator akan memberi kode apakah tebakannya benar atau salah. Hanya spy yang mengetahui itu. Namun apa bila sebelumnya dia dimabukkan oleh bartender, maka moderator akan menjawab kebalikannya. Dan apabila yang dia tebak adalah master werewolf moderator akan memberi kode salah.
5. Moderator memanggil Silencer untuk menentukan siapa yang dia buat diam, atau kehilangan hak untuk menyatakan pendapat dalam diskusi.
Siang Hari. Moderator mengumumkan bahwa pagi sudah tiba. Semua pemain membuka matanya kembali.
1. Moderator mengumumkan siapa yang mati malam itu (jika ada).
2. Major memimpin diskusi. Apabila major adalah korbanyang dipilih manusia serigala, maka diadakan pemilihan ulang untuk mencari pengganti.
3. Setelah diskusi dilakukan voting siapakah yang dituduh sebagai manusia serigala. Jika terdapat lebih dari 2 orang tertuduh dengan pemilihan suara yang merata, maka 2 pemain yang miliki suara tuduhan terbanyak pertama dan kedua dipersilahkan melakukan pembelaaan diri. Kemudian dilakukan voting ulang untuk memilih siapakah diantara keduanya yang dituduh sebagai manusia serigala. Jika nilainya sama maka yang dipilih oleh Major yang dihukum mati.
4. Pemain yang mati boleh dibuka perannya. Tapi lebih seru lagi jika tidak dibuka perannya.
Kembali ke malam hari untuk memulai putaran berikutnya.

Siapa Yang Menang?
Apabila werewolf berhasil membunuh para villager hingga jumlah vilager minimal sama dengan mereka maka werewolf menang. Sebaliknya jika para villager berhasil menghukum mati para werewolf maka vilager menang.

Special Ability Villager
Selain kemampuan khusus yang dimiliki Spy, Doctor, Silencer dan Bartender, villager lain juga bisa dibuat memiliki kemampuan khusus. misalnya:
1. Son of Werewolf, apabila dibunuh oleh werewolf maka ia tidak mati, melainkan berubah menjadi werewolf juga.
2. Hunter. Apabila dihukum mati (bukan dibunuh werewolf) maka ia bisa menunjuk pemain lain untuk ikut mati.
3. Little girl. Apabila dihukum mati (bukan dibunuh werewolf) maka ia bisa menunjuk pemain lain untuk membuka perannya.
4. Detective. Apabila spy mati, baik dihukum mati atau dibunuh werewolf  maka ia menggantikan tugas spy.
5. Vampire: Apabila dibunuh oleh werewolf maka werewolf akan kehilangan kesempatan membunuh pada malam berikutnya. Sebaliknya apa bila dihukum mati maka werewolf memiliki kesempatan membunuh 2 orang di malam berikutnya.
dan masih ada banyak lagi kemampuan-kemampuan khusus yang dimiliki oleh vilager.
suasana saat kami memulai permainan di malam pergantian tahun 2014-2015

Entah bagaimana, semalam dari 3x ikut bermain saya selalu menjadi spy. Dan ketika saya mencalonkan diri dan terpilih sebagai Major, saya langsung dibunuh oleh werewolf. Bagaimana? Tertarik untuk memainkannya?




5 comments:

  1. weeiii Wolf XD udah keracunan gamenya :">

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. The Werewolf Game

    Kelengkapan :
    - 37 Kartu
    - Box
    - Rules Of The Game (Bahasa Indonesia)

    Format Pembelian :
    - Atas Nama
    - No. HP.
    - Alamat Lengkap

    Bahan AP260 (durable), Harga Rp. 60.000,- (ongkir ditanggung pembeli)
    CP. 085 731 790 714 (TELP, SMS, WA or LINE)
    Pengiriman Via JNE (Silahkan cek ongkir di jne.co.id)
    Lokasi Kab. Mojokerto

    Penampakan :
    http://jualkartuwerewolf.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Jalan-jalan Naik Bus City Tour Balikpapan

Hari Sabtu pagi, 22 Februari 2020 menjadi hari yang istimewa buat Blogger Balikpapan. Soalnya hari ini kita diberi kesempatan untuk ...